Search

header ads

Akses Adira Finance Mempermudah Nasabah Adira Kelola Pinjaman lewat Smartphone




Akses Adira Finance adalah aplikasi mobile yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah Adira Finance untuk mendapatkan sejumlah layanan.Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan antara lain: notifikasi jatuh tempo cicilan, nomor kontrak, hingga pembayaran angsuran lewat aplikasi.Fitur dari aplikasi tersebut akan terus ditambah di masa depan. Salah satu yang tengah dikembangkan adalah pengajuan kredit tanpa harus mendatangi kantor cabang Adira Finance.

Agar bisa menjaga hubungan dengan nasabah sekaligus memberikan kemudahan dalam mengakses layanan dan produk, Adira Finance meluncurkan aplikasi bernama Akses Adira Finance. Perusahaan pembiayaan tersebut sebenarnya sudah melakukan soft launching aplikasi ini pada September 2017. Namun saat itu mereka masih menunggu masukan dari konsumen sehingga baru bisa meresmikan peluncuran aplikasi tersebut pada Maret 2018.

Hadirnya Akses Adira Finance diharapkan mampu menjawab kebutuhan konsumen yang kian beralih ke digital.

Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance


Hal sama juga dikatakan oleh Head of IT Adira Finance Dodi Soewandi. Akses Adira Finance diluncurkan untuk menjawab kebutuhan dasar nasabah mereka dan memberikan kemudahan pelayanan pada konsumen melalui sejumlah fitur. Beberapa fitur yang disediakan oleh Adira Finance melalui aplikasi ini seperti:

Notifikasi jatuh tempo – Nasabah akan mendapatkan pesan pengingat untuk membayar angsuran di H-7, H-3, dan saat hari jatuh tempo.Informasi detail kontrak konsumen – Termasuk nomor perjanjian kontrak, jumlah angsuran, objek pembiayaan, dan tanggal jatuh tempo.Informasi pelayanan – Termasuk lokasi cabang dan contact care Adira Finance, alternatif pilihan pembayaran angsuran, informasi produk dan layanan, serta promo yang sedang berlangsung.Simulasi kredit untuk calon konsumen.Pembayaran angsuran langsung dari aplikasi yang bekerja sama dengan bank Danamon – Namun bagi konsumen yang sudah menunggak pembayaran, tak bisa melakukan pembayaran lewat aplikasi dan harus terlebih dahulu datang ke kantor cabang.Riwayat angsuran yang sudah dibayar dan informasi denda bila ada.

Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Adira Finance adalah pembayaran angsuran langsung dari aplikasi. Dodi menyatakan pihaknya juga memberi manfaat lain yang bisa dirasakan oleh nasabah.

“Kalau memberikan referral supaya menjadi konsumen Adira Finance, maka akan mendapat poin. Poin itu bisa dikonversi menjadi uang, tapi untuk dipakai meringankan pembayaran angsuran,” jelas Dodi.

Demi jaga hubungan baik dengan nasabah

Sebagai perusahaan pembiayaan, kantor cabang Adira Finance kerap menerima banyak tamu, baik itu nasabah ataupun calon nasabah. Salah satu hal yang diperhatikan oleh Hafid Hadeli selaku Direktur Utama Adira Finance adalah waktu tunggu antrian yang lama ketika para nasabah ingin membayar cicilan kredit masing-masing.

Demi memudahkan nasabah membayar cicilan, Adira Finance melebarkan saluran pembayaran tak hanya di kantor cabang. Nasabah bisa melakukan pembayaran cicilan di Indomaret, Alfamart, atau Pos Indonesia. Namun dengan keberadaan beragam opsi saluran pembayaran tadi, Hafid merasa hubungan atau interaksi langsung Adira Finance dengan para nasabah menjadi berkurang.

 

Kembangkan fitur pengajuan kredit baru

Dodi memaparkan Akses Adira Finance merupakan pintu bagi semua konsumen Adira Finance yang datang dari berbagai platform, baik konvensional ataupun digital. Karena tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi konsumen, Adira Finance kini tengah mengembangkan beberapa fitur baru seperti live chat hingga pengajuan kredit lewat aplikasi tersebut.

Beberapa kompetitor yang bergerak di bidang pembiayaan sudah menghadirkan fitur serupa. Seperti BFI yang memberikan akses pada penggunanya untuk pengajuan pembiayaan lewat aplikasi BFI-Ku. Astra Credit Companies pun sudah memiliki fitur seperti ini dalam aplikasi ACCYes! yang diberi nama Pengajuan Kredit Instan.

Adira Finance sendiri sebenarnya sudah memiliki fitur ini di aplikasi lainnya yakni Momobil. Namun pengajuan kredit itu hanya bisa dilakukan untuk pembiayaan kendaraan roda empat.


Adapun dari tiga juta lebih konsumen aktif Adira Finance, sebanyak delapan puluh persen merupakan nasabah yang mengajukan kredit untuk pembiayaan kendaraan roda dua. Kemudian sepuluh persen adalah konsumen yang mengajukan kredit pembiayaan kendaraan roda empat, dan sisanya untuk pembiayaan barang elektronik serta durable goods.

Aplikasi Akses Adira Finance hingga kini baru tersedia untuk platform Android. Dodi menjelaskan pihaknya baru menghadirkan aplikasi tersebut di Android karena rata-rata nasabah Adira Finance merupakan pengguna Android.

Posting Komentar

0 Komentar